LOGO Ukuran 1725x570px

SIMANIS BANTEN

Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak merupakan pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM), pelanggaran norma social dan kemanusiaan. Pengaduan kekerasan perempuan dan anak perlu direspon dengan cepat, untuk itu diperlukan suatu mekanisme pengaduan berbasis IT, yang dapat diakses oleh korban kekerasan dimanapun dan kapanpun untuk ditindaklanjuti oleh Unit Layanan terdekat.

 

Kondisi sebelumnya bahwa Layanan Pengaduan bagi korban/masyarakat dilakukan secara langsung/tatap muka, sulitnya akses perempuan dan anak korban kekerasan yang berada diwilayah yang sulit dijangkau untuk mendapatkan layanan pengaduan, kurangnya Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak serta sulitnya fasilitasi pelayanan konsultasi pendampingan.

 

Oleh karena itu untuk mempercepat proses pengaduan kekerasan dibuat aplikasi system informasi menangani pengaduan kekerasan (SIMANIS) yang merupakan aplikasi bebrbasis android yang dapat diakses masyarakat Banten atau oleh korban kekerasan, dalam menyampaikan laporan/pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang berbasis IT ini pengaduan yang masuk akan segera direspons dengan cepat dan ditangani oleh unit Lembaga Layanan terkait antar lain Pusat Pelayanan Terpadu dan lembaga lainnya termasuk konseling dengan psikolog secara langsung.

 

Diharapkan kondisi sekarang bahwa pengaduan korban/masyarakat dapat dilakukan secara online (dimanapun, kapanpun), mendapatkan kemudahan akses dan memperluas jangkauan, serta dapat meningkatkan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dalam pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta tersedianya konsultasi penanganan kesehatan dan hukum.  

 

Pengguna Aplikasi mendapatkan kemudahan, yaitu :

  1. Layanan pengaduan kekerasan secara online;
  2. Layanan informasi terkait pencegahan kekerasan;
  3. Dapat berkonsultasi langsung dengan psikolog berkaitan dengan indikasi kekerasan;
  4. Informasi terkait aktifitas dan isu perempuan dan anak;
  5. Layanan oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polda Banten, P2TP2A dan Rumah Sakit Daerah;
  6. Kemudahan akses dan jangkauan layanan.

 

Cara Mengunduh Aplikasi SIMANIS 

Berikut tata cara penggunaan Aplikasi SIMANIS, sebelum menggunakannya terlebih dahulu User harus melakukan beberapa hal berikut :

  1. Buka Aplikasi Play Store pada Android;
  2. Ketik “SIMANIS BANTEN” pada kolom pencarian aplikasi di Play Store;
  3. Unduh Aplikasi SIMANIS BANTEN pada Android.  DOWNLOAD